Agustus 09, 2011

Apa aja sih mantra-mantra yang ada di serial fiktif Harry Potter ?

Para Harry Potter freaks pasti udah tau apa yang akan terjadi kalo kita mengacungkan tongkat sihir sambil berseru, “Avada Kedavra!”. Atau mantra apa yang harus diucapkan kalo kita pengen membuka pintu yang terkunci (”Alohomora!”).

Tapi pernah kepikiran nggak sih, kalo J.K. Rowling, pencipta Harry Potter, ternyata nggak asal bikin mantra aja? Semua mantra sihir yang digunakan di Hogwarts ternyata ada origin alias asal usulnya, yang rata-rata berasal dari bahasa Latin.


Accio : Untuk memanggil sesuatu objek kepada pemanggil, dengan jarak yang tertentu. Ia boleh digunakan dalam dua cara yaitu: dengan menyebutkankan mantra ini diikuti dengan nama objek tersebut seperti ("Accio Firebolt"), atau dengan mengayunkankan tongkat sihir kepada objek yang dikehendaki atau dengan segera menyebutkankan mantra sebelum "memanggil" objek tersebut ke arah si pemanggil. 

Aguamenti : Menghasilkan satu pancaran air daripada tongkat sihir.

Alohomora Digunakan untuk membuka pintu yang tidak terkunci bahkan yang terkunci sekalipun.

Anapneo Untuk membersihkan udara yang menghalangi. 

Aparecium Digunakan untuk menulis dengan tinta yang tak terlihat.

Apparate Digunakan agar bisa muncul di tempat manapun yang diinginkan. Mantra ini hanya boleh dilakukan oleh penyihir berusia minimal 17 tahun dan telah lulus tes. Tidak dapat dipergunakan di lingkungan Hogwarts, serta merupakan salah satu mantra yang sulit dan kompleks, salah sedikit saja dapat membuat salah satu anggota tubuh si pemantra tertinggal di tempat asalnya sebelum ia berpindah.

Avada Kedavra Salah satu Kutukan Tak Termaafkan. Menyebabkan kematian seketika. Saat dirapalkan, akan ada kilatan cahaya berwarna hijau dan biasanya tidak meninggalkan bukti kerusakan pada tubuh maupun sebab kematian sehingga tidak dapat dideteksi oleh otopsi kaum Muggle.

Avis Mengeluarkan burung kecil. 

Cave Inimicum Sihir ini igunakan untuk memperkuat pertahanan kawasan persembunyian daripada musuh. 

Colloportus Mengunci pintu dan menghalanginya agar tidak bisa dibuka. 

Confringo Menyebabkan sesuatu yang terkena mantra ini terbakar.

Confundo Sihir yang menyebabkan seseorang menjadi pusing, bingung dan serba salah.

CrucioSalah satu dari tiga Kutukan Tak Termaafkan. Kutukan ini menyebabkan korban mendapatkan kesakitan yang tak tertahankan. Beberapa korban kutukan ini menjadi gila. (mantra andalan ane nih)

Defodio Sihir ini dapat membuat lubang di sebuah material seperti tanah dan besi.

Deletrius Menghapus bayangan hantu yang dihasilkan oleh mantra Priori Incantatem.

Densaugeo Membuat gigi terus membesar.

Deprimo Angin yang kuat untuk melemaskan atau menghaluskan sesuatu.

Descendo Membuat sesuatu menjadi turun ke bawah, misal pada tanga.

Diffindo Untuk merobek sesuatu sesuai keinginan.

Disapparete Menghilang dari suatu tempat. (kebalikan dari mantra Apparate).

Dissendium Membuka pintu rahasia. 

Duro Membuat sesuatu objek menjadi keras.

Engorgio Membuat ukuran target menjadi berlipat ganda.

Ennervate Menyadarkan orang yang pingsan.

Episkey Menyembuhkan luka ringan.

Erecto Digunakan untuk menegakkan sesuatu, misal tenda.

Evanesco Membuat sesuatu hilang.

Expecto Patronum Menciptakan Patronus (pelindung) untuk mengusir Dementor. Sebentuk asap keperakan akan keluar dari ujung tongkat sihir saat menggunakan mantra ini. Bentuknya bermacam-macam, biasanya binatang. Kuat tidaknya Patronus, tergantung kepada kekuatan pikiran pemantra. Patronus adalah perwujudan pikiran-pikiran baik dan bahagia pemantra.

Expelliarmus Melucuti senjata lawan.

Expellimellius Digunakan untuk mengeluarkan api.

Expulso Digunakan untuk meledakkan sesuatu. Kekuatan ledakannya tergantung pada orang yang melakukan mantra ini.

Ferula Membalut dan membelat kaki yang patah.

Fidelius Menyembunyikan seseorang atau beberapa orang. Catatan : Mantra ini sangat rumit dan kuat, karena dapat menyembunyikan seseorang maupun beberapa orang sekaligus dari orang-orang yang mencari. 

Fiendfyre Sejenis sihir api yang tidak bisa dihalangi. Api ini membentuk makhluk-makhluk ajaib ketika membakar sesuatu. Bisa digunakan untuk menghancurkan Horcrux.

Finite Incatatem Menghentikan mantra-mantra yang sedang bekerja dan menghilangkan efeknya.

Flagrate Menebabkan kesan terbakar pada suatu objek. Misal, saat Tom Ridle menuliskan sesuatu ke dinding.

Furnunculus Menyebabkan bisul bermunculan di seluruh wajah.

Geminio Membuat duplikat dari target sihir ini.

Glisseo Membentuk anak tangga menjadi rata dan landai.

Homenum Revelio Memperlihatkan seseorang yang bersembunyi dekat dengan penyihir. 

Impedimenta Menghentikan atau memperlambat sebuah obyek.

Imperio Salah satu Kutukan Tak Termaafkan. Kutukan ini membuat korban menjadi sepenuhnya dibawah pengaruh perapal mantra, dan melakukan apa pun yang diinginkan oleh sang pemantra.

Impervius Membuat sesuatu jadi tahan / kedap air.

Incarcerous Mengikat seseorang atau sesuatu dengan tali.

Incendio Menyalakan api.

Langlock Melekatkan lidah target ke langit langit rongga mulutnya. Diciptakan oleh Severus Snape.

Legilimens Untuk mencari tahu ingatan dan pikiran seseorang. Digunakan oleh Severus Snape kepada Harry saat pelajaran oklumensi.

Levicorpus Target akan tergantung dengan terbalik dan kaki terikat.

Liberacorpus Serangan balik untuk Levicorpus. Diciptakan oleh Severus Snape.

Locomotor Membuat sesuatu objek melayang dan mengelilingi penyihir.

Locomotor Mortis Mengikat' kaki korban, sehingga tidak dapat berjalan.

Lumos Menyalakan sebuah cahaya kecil di ujung tongkat.

Meteolojinx Recanto Membuat efek perubahan cuaca saat sihir dihilangkan.

Mobilicorpus Menggerakkan atau memindahkan tubuh seseorang. Biasanya digunakan saat korbannya dalam keadaan tidak sadar atau tidak berdaya 

Mors MordeMe munculkan gambar tengkorak yang bercahaya, di langit, dan seekor ular keluar dari mulut tengkorak. Merupakan tanda Lord Voldemort dan para pengikutnya.

Muffliato Sihir ini menyebabkan telimga target menjadi bising agar tidak bisa mendengarkan sesuatu.

Nox Mematikan cahaya di ujung tongkat (kebalikan mantra Lumos).

Obliviate Menghapus atau memodifikasi ingatan seseorang.

Obscuro Membuat pengelihatan target menjadi buram.

Oppugno Menyebabkan target menyerang sesuat.

Orchideus Mengeluarkan sebentuk karangan bunga dari ujung tongkat.

Pack Mengemasi tas, koper, atau peti. 

Peskipiksi Pesternomi Untuk menyebabkan Pixie menghilang atau setidaknya menghilang. Dilakukan oleh Glideroy Lockhart saat dia melepaskan sekumpulan pixie dari sangkar di dalam kelasnya.

Petrificus TotalusMembuat sekujur tubuh target menjadi kaku. 

Piertotum Locomotor Sihir ini digunakan untuk mengerakkan patung dan pakaian perang agar mengikut kehendak si penyihir.

Incantato Mengeluarkan bayangan hantu dari tongkat.

Protego Sihir ini digunakan untuk membalikan serangan semula ke arah penyerang untuk melindungi diri. 

Protego Horribilis Memberikan sedikit perlindungan terhadap ilmu sihir hitam.

Quietus Membuat suara perapal mantra menjadi normal, setelah memakai mantra Sonorus.

Reducio Sihir untuk mengecilkan atau mengembalikan kembali menjadi seperti semula sesuatu yang besar akibat sihir Engorgio.

Reducto Menghancurkan benda padat yang menghalangi jalan.

Renervate Menyadarkan seseorang dari pingsan.

Reparo Mengembalikan keadaan suatu benda ke keadaan sebelum benda itu rusak.

Rictusempra Membuat korban terbahak-bahak tanpa dapat mengontrolnya.

Riddikulus Mantra untuk menghadapi Boggart. Mantra ini membuat Boggart berubah menjadi apa pun yang kita suka, sehingga tidak menakutkan lagi (karena Boggart dapat berubah menjadi apa saja yang menjadi ketakutan terbesar korbannya.

Salvio Hexia Memberi sedikit perlindungan dari kutukan.

Scourgify Digunakan untuk membersihkan sesuatu.

Serpensortia Mengeluarkan seekor ular dari tongkat.

Stupefy Membuat korban menjadi tidak sadar.

Tarantalegra Membuat kaki korban bergerak tanpa kendali, seperti sedang berdansa cepat.

Waddiwasi Mengeluarkan sebuah benda dan membuangnya ke arah tertentu. 

Wingardium Leviosa Menerbangkan atau melayangkan suatu benda.

Kurang Lebihnya saya mohon maaf
Saya menerima Kritik dan Saran
caranya mention ke @mellanielisa di twitter atau comment aja, tapi saya tidak menjamin akan membalas komentar kalian kalo kalian comment di sini, kalo kalian comment lewat twitter dijamin akan saya balas..

Agustus 07, 2011

Mata Pelajaran Hogwarts School of Witchcraft and Wizardry

Mata pelajaran Hogwarts adalah jabaran mata pelajaran dari Sekolah Sihir Hogwarts, sebuah sekolah fiksi yang menjadi latar belakang utama dari novel Harry Potter karya J. K. Rowling. Dalam seluruh seri, banyak kelas yang diceritakan, mengajarkan para murid berbagai cabang dari sihir. Ada dua belas nama guru yang disebutkan, masing-masing khusus untuk mengajar subyek tertentu. Ada mata pelajaran wajib, dan ada yang pilihan. Dalam Harry Potter and the Chamber of Secret, para murid diwajibkan untuk menambah setidaknya dua mata pelajaran pilihan pada saat akan memulai tingkat ketiga. Harry Potter and the Order of Phoenix menjelaskan mengenai ujian Ordinary Wizarding Level (O.W.L) yang harus diikuti para murid pada akhir tingkat kelima, untuk menentukan kelas-kelas mana yang dapat mereka ikuti untuk level Nastily Exhausting Wizarding Test (N.E.W.T) pada dua tingkatan terakhir.


Mata Pelajaran Di Hogwarts Beserta Guru :




Ramuan :
-Profesor Severus Snape
-Profesor Horace Slughorn

Mantra  :
-Profesor Filius Flitwick

Transfiguasi :
-Profesor Minerva McGonagall

Herbologi :
-Profesor Pomona Sprout
-Neville Longbottom (Di Masa Depan)

Pemeliharaan Satwa Gaib :
-Profesor Silvanus Kettleburn
-Rubeus Hagrid
-Wilhelmina Grubbly-Plank (kadang-kadang menggantikan Hagrid)

Sapu Terbang :
-Madam Rolanda Hoouch

Telaah Muggle :
-Charity Burbage

Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam (PTIH) :
-Profesor Merrythought (50 tahun lalu)
-Quirinus Quirrell
-Gilderoy Lockhart
-Profesor Remus John Lupin
-Profesor Alastor Mad-Eye Moody palsu
-Dolores Umbridge
-Severus Snape
-Amycus Carrow

Rune Kuno :
-Bathesda Babbling

Astronomi :
-Aurora Sinistra

Artimancy :
-Septima Vector

Sejarah Sihir :
-Cuthbert Binns

Ramalan :
-Sybill Partricia Trewlaney
-Firenze (sejak buku ke 5)

Penguji OWL (Ordinary Wizarding Level) :
-Griselda Marchbanks
-Professor Tofty

 Numerologi dan Gramatika :
-(belum diketahui)


Pelajaran yang diwajibkan diikuti oleh setiap murid adalah PTIH, Ramuan, Mantra, Transfiguasi, Herbologi, Asrtronomi, Sejarah sihir, dan lain-lain. Setelah tahun ketiga diperbolehkan setidaknya dua atau tiga mata pelajaran tambahan yaitu Arthimancy, PSG, Telaah Muggle, Rune Kuno, Ramalan. Pada OWL murid-murid mengikuti ujian sihir dasar, pada NEWT murid-murid hanya mengikuti ujian pelajaran pilihan. Kementrian sihir hanya menerima orang-orang dengan NEWT yang tinggi. Skala dari Nilai OWL dan NEWT.
Nilai Kelulusan : - Outstanding (O) istimewa - Exceeds Expectations (E) diluar dugaan - Acceptable (A) cukup
Nilai Ketidaklulusan - Poor (P) parah - Dreadful (D) mengerikan - Troll (T)

Kurang Lebihnya saya mohon maaf
Saya menerima Kritik dan Saran
caranya mention ke @mellanielisa di twitter atau comment aja, tapi saya tidak menjamin akan membalas komentar kalian kalo kalian comment di sini, kalo kalian comment lewat twitter dijamin akan saya balas..

Agustus 06, 2011

Kenalan yukk sama Asrama-Asrama di Sekolah Sihir Hogwarts ...


Asrama Sihir Sekolah Hogwarts




 
Asrama Gryffindor 

adalah salah satu nama asrama fiktif di serial Harry Potter karya J. K. Rowling. Asrama Gryffindor berada di Sekolah Sihir Hogwarts.Binatang Identitas Asrama Gryffindor adalah singa.Merah dan emas adalah warna kebanggaan Gryffindor. Nama itu diambil dari salah satu pendiri sekolah tersebut, Godric Gryffindor. Ia adalah salah satu penyihir terbesar di masanya. Gryffindor hidup kira-kira seribu tahun yang lalu bersama Rowena Ravenclaw, Helga Hufflepuff, dan Salazar Slytherin. Peninggalan Gryffindor yang ada saat ini adalah topi seleksi yang dulu adalah miliknya dan pedang bertahtakan permata dan diukir dengan namanya yang sekarang disimpan di kantor Profesor Albus Dumbledore.

Murid-murid yang tinggal di asrama Gryffindor digambarkan sebagai orang-orang yang gagah berani. Banyak Auror adalah alumni Gryffindor. Selain Harry Potter sendiri, teman-teman baiknya juga bertempat tinggal di Gryffindor.





Asrama Hufflepuff

didirikan oleh Helga Hufflepuff, menilai kerja keras, kesetiaan, toleransi dan keadilan di atas semuanya. Binatang identitas asrama adalah badger dan kenari dengan kuning dan hitam sebagai warna kebanggannya. The Fat Friar adalah hantu penjaga asrama. Menurut Rowling, Hufflepuff berkesuaian dengan elemen tanah, dimana asrama tempat tinggal mereka berlokasi di suatu tempat di ruangan bawah tanah, pintu masuknya dapat ditemukan melalui lukisan yang berada di sekitar dapur. Sandi harus diberikan ketika akan masuk. Ruang bersama Hufflepuff dipenuhi warna kuning dan kursi malas dan memiliki terowongan bawah tanah yang tembus ke asrama, dimana semuanya memiliki pintu lingkarang sempurna, seperti ujung tong.




Asrama Ravenclaw


menilai kecerdasan, kreativitas, akal dan kebijaksanaan. "Wit beyond measure is man's greatest treasure" adalah kutipan yang sering diulang oleh Ravenclaw. Binatang identitasnya adalah elang, dan menggunakan warna biru dan perunggu (walaupun di film digunakan warna biru dan perak). Hantu asrama adalah Grey Lady, yang diungkapkan di Harry Potter dan Relikui Kematian sebagai Helena Ravenclaw, putri dari pendiri Hogwarts Rowena Ravenclaw. Menurut Rowling, Ravenclaw berhubungan dengan elemen udara. Rowena Ravenclaw juga merupakan pemilik dari mahkota, yang kemudian dibuktikan sebagai sebuah horcrux pada buku ketujuh ini.

Ruang bersama dan asrama Ravenclaw berada di Menara Ravenclaw di bagian barat sekolah. Beberapa murid Ravenclaw disebutkan secara spesifik di buku Harry Potter. Ruang bersama berbentuk lingkaran, seperti halnya Gryffindor, dan memiliki langit-langit kubah yang dilukiskan bintang-bintang. Juga terdapat terdapat patung dada dari Rowena Ravenclaw memakai mahkotanya. Untuk masuk ke dalam ruang bersama Ravenclaw, teka-teki logis harus diselesaikan. Hal ini sangat kontras dengan Ruang bersama Gryffindor, Hufflepuff dan Slytherin, yang menggunakan sandi untuk masuk.

Kepala asrama saat ini adalah Filius Flitwick.


Asrama Slytherin


Seperti pendirinya, Salazar Slytherin, asrama Slytherin menilai dari ambisi, kecerdikan (licik), daya akal yang panjang dan keturunan darah murni. Buku juga menyatakan haus kekuasaan adalah karakteristik dari Slytherin. Binatang yang melambangkan Slytherin adalah ular, dan menggunakan warna hijau dan perak sebagai warna identitas. Bloody Baron adalah hantu penjaga asrama. Menurut Rowling, Slytherin berhubungan dengan elemen air. Asrama dan ruang bersama dapat dicapai melalui sebuah dinding batu di dalam ruang bawah tanah. Ruang bersama Slytherin berbentuk panjang, rendah, berada di bawah danau Hogwarts dan dilengkapi dengan lampu hijau dan kursi.

Topi Seleksi mengklaim bahwa kemurnian darah adalah faktor dalam menyeleksi Slytherin, walaupun hal ini tidak disebutkan sampai buku kelima.

Sampai akhir buku Harry Potter dan Pangeran Berdarah-Campuran, kepala asrama adalah Profesor Severus Snape. Setelah Profesor Snape melarikan diri dengan Pelahap Maut, Profesor Horace Slughorn mengisi posisinya. Slughorn merupakan kepala asrama Slytherin untuk beberapa lama sebelum pensiun dan kembali ke Hogwarts pada tahun ke-6 Harry Potter. Setelah kekalahan terakhir Lord Voldemort, Slytherin tidak lagi mengunggulkan kemurnian darah, tidak lagi mempertahankan kemurnian darah. Walaupun begitu, reputasi gelapnya masih hidup.
Kurang Lebihnya saya mohon maaf
Saya menerima Kritik dan Saran
caranya mention ke @mellanielisa di twitter atau comment aja, tapi saya tidak menjamin akan membalas komentar kalian kalo kalian comment di sini, kalo kalian comment lewat twitter dijamin akan saya balas..